Kamis, 09 Februari 2012

SIMPLE DIET

Ha...ha...ha.... lucu juga ketika ngeliat bentuk tubuh saya di depan kaca. Ga jauh beda sama badut. Apalagi ini, anaconda yang selalu melingkar di perut saya. Memang jujur yang teman-teman saya bilang. Saya ternyata ndut juga. Pantesan mereka panggil saya giant, gendut, forklift lewat, kulkas dua pintu ato apalah........ Saya sih tadinya cuek aja. EGP. Suami juga tak pernah complain dengan bentuk tubuh saya.

Tapi akhir-akhir ini saya sedikit tergerak untuk  "merubah" bentuk tubuh. Sakit ati juga sih sebenernya ngeliat my luvly friend  @Cahya Harilusi yang sekarang keliatan makin cantik dan langsing meskipun abis beranak :-P. Akan tetapi niat awalnya  bukan karena ingin terlihat lebih langsing tapi utamanya untuk menjaga kesehatan soalnya di keluarga saya ada keturunan diabetes. Ih, serem ya.....

Berikut nih tips SIMPLE DIET dari saya :
  • Yang paling penting NIAT dan KOMITMEN sodara-sodara. Mengapa...???? agar kita tak mudah tergoda untuk membuyarkan tujuan  awal kita.
  • Memulai hari dengan SEGELAS AIR PUTIH. Kalo dulu bangun tidur udah disiapin nyokap teh hangat tapi sekarang diganti segelas air putih. Banyak loh manfaat minum air putih ketika bangun tidur di pagi hari.
  • Kalau dulu aktivitas saya bangun, mandi, ganti baju, berangkat kerja. Tapi sekarang lebih memperbanyak AKTIVITAS di pagi hari. Bangun lebih pagi, nyuci piring, ngepel, jemur pakaian, nyapu halaman. Bila perlu halaman tetangga juga boleh he..he..he... :-p yang penting bisa keringetan.
  • Merubah PORSI MAKAN. Kalo dulu porsi makan ala kuli sekarang porsi makan ala putri. Disini yang saya kurangi karbohidrat (nasi). Tapi, biar ga cepet laper, banyakin lauknya. Protein, dan makan makanan yang bergizi.
  • SERAT. Berhubung saya ndak suka SAYUR, untuk serat saya lebih memilih makan BUAH.
  • Ini yang saya suka. Banyak-banyak minum AIR PUTIH. Selain sehat juga baik untuk mempercantik kulit.dan membantu membersihkan ginjal. :-p  Oh ya sebetulnya saya penggemar minuman bersoda, tapi sekarang saya udah mulai putus hubungan sama dia :-(
  • Dilarang MALAS-MALASAN. Lebih memperbanyak GERAK. Misalnya ganti chanel TV ga boleh pakai remote. harus jalan. pokoknya harus gerak dimanapun dan kapanpun.
  • MAKAN  MALAM paling telat magrib, porsinya dikit aja, abis itu gosok gigi biar ga bisa makan apa-apa lagi.
  • Kalo dulu tiap suami pulang suka ngajak jajan. Nasi goreng, Bakso, Mie ayam etc. Sekarang cuman diem nungguin dia makan. Kasihan ya...... perlu PERJUANGAN dan DO'A untuk melawan hawa nafsu makan neh......
  • Jangan lupa minum VITAMIN dan Tablet Tambah Darah, biar tetep semangat dan tidak loyo.
  • Yang penting neh, OLAH RAGA. Paling tidak lakukan sit-up atau gerakan-gerakan yang bisa mengencangkan otot. Kalo mau BL juga boleh
  • Nih yang extreem saya lakukan. BEGADANG dan JINGKRAK-JINGKRAK sesuka saya hi...hi...hi... Nyalain musik abis itu joged sendiri malam-malam sampe keringetan. Kalo yang ini jangan ditiru ya :-p soalnya kayak orang gila he...he...he.... :-D
  • NGEMIL boleh asal secukupnya, buat ngilangin rasa kepengen aja.
  • Yang terakhir sering-sering ngaca dan nimbang berat badan. Bahasa kerennya MONITORING gitu :-P
Nah itu tadi pola hidup yang sudah saya rubah. Pada awalnya sih terasa berat. Efek pusing dan lemas pasti ada, mungkin karena perubahan hormon atau metabolisme akibat pola dan porsi makan yang berubah. Namun, ketika mengetahui baju kesayangan saya yang dulu tidak muat dan sekarang sudah bisa saya pakai lagi membuat saya kembali berSEMANGAT. Dan hasilnya...................



Alhamdulillah yach................................*pasang bulu mata anti badai tsunami*
Tapi, masih perlu perjuangan lagi nih, soalnya masih pengen nurunin 9 kg lagi. Bismillah, mudah-mudahan bisa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar