Rabu, 07 Desember 2011

Perjuangan untuk mendapat gelar "Ibu"

Well, kali ini saya akan berbagi pengalaman persalinan saya yang pertama. Menurut perkiraan dokter dan bidan  hari itu jatuh pada tanggal 16 November 2003. Namun entah mengapa sampai saat itu saya tidak merasakan apa-apa. Malam harinya, selesai menemani suami makan sahur saya kok kepengen pipis. Nah, saat itu saya lihat ada bercak darah. Waduuuhhh.. apa ini….???!!!  Tanpa pikir panjang saya bilang ke ibu saya. Kemudian ibu saya bilang “ Ini tandanya kamu mau lahiran “ . Dengan perasaan cemas dan sedikit takut saya langsung packing baju-baju dan keperluan baby. Kemudian kami pergi ke RS Bersalin di kota Jombang.

Sesampainya disana, saya diperiksa dokter jaga. “Mbak, ini masih pembukaan satu, mbak langsung pesan kamar atau bisa pulang dulu….” Kata si perawat. Setelah rundingan keluarga dengan mempertimbangkan segala resiko dan keselamatan saya akhirnya saya langsung pesan kamar saja. Pagi itu memang perut saya belum terasa apa-apa. Saya masih bisa jalan keliling-keliling taman dan halaman Rumah Sakit.

Tepat jam 3 sore, perjuangan saya dimulai. Tiba-tiba perut saya mulas seperti ada yang mendorong ingin keluar…~_~. Hal ini saya rasakan semakin lama semakin sakit. Tak tahan akhirnya saya mewek juga menahan rasa kesakitan. Untung ada ibu dan suami yang setia memberi support pada saya. Malam hari tak kuasa menahan rasa sakit, saya dibawa ke Kamar Bersalin. Lagi-lagi si suster bilang “ masih pembukaan 3 “ Hadddooohh…… !!! sampe mbuka berapa sih ini….????  Udah sakit tauuuu….!!! >_<.  Dengan sabar suami terus menemaniku. Makan pun tak nafsu. Hingga sampai tengah malam saya merasakan sakit yang luar biasa. Suster menyarankan agar saya mengatur nafas dan tidur miring. Namun hal itu tak membuat rasa sakit saya berkurang. Justru malah semakin menjadi. :’(
Tak tega melihat kondisi saya seperti itu, suami langsung keluar. Dia langsung menuju musholla. Saya bilang ke suster “Sus, tolong kasih saya obat perangsang saja” maksud saya biar saya cepat lahiran. Tapi suster menolaknya “ Maaf tidak bisa, lha wong mbak nya aja udah kesakitan gitu kok. Nanti kalau dikasih malah tambah sakit “ Akhirnya saya pasrah. Bolak-balik ke kamar kecil. Rasanya seperti mau pup, tapi enggak. Mana teman sebelah berisiknya minta ampun lagi. “Kalo ga mau beranak jangan bikin anak mbak, jeritan sampeyan loh bikin  pusing” kataku dalam hati. Arrrggghhhh…….!!! >_<

Waktu terus bergulir, tak tahan dengan rasa sakit ini, sayapun menangis sesenggukkan sampai-sampai pak satpam memberi saya segelas air yang katanya sudah dikasih do’a. Any way, saya ga tahu dikasih do’a apa itu. Anakku yang manis, jangan nakal ya….. bunda sudah tidak kuat ini nak. Pintaku sembari mengelus-elus perut gendutku ~_~.

Menjelang saat sahur, rasa sakit ini semakin menjadi. Saya bilang ke suster, dan kemudian saya diperiksa. “Mbak, miss V-nya masih rapet kok, masih cantik. Kira-kira lahirannya masih kurang 2 jam lagi” kata suster
Apaaaaaaa……..???!!!! dua jam lagi. Ini saya sudah ga kuaaaaaaaaaaatttttttt……………:’-(
Saya hanya bisa meringis kesakitan. Dan hati saya semakin dongkol ketika melihat semua suster menikmati makan sahur ayam panggang + urap2 dengan nikmatnya. Sementara saya…………..?????

Menjelang pagi, saya sudah tidak tahan. Akhirnya, suster minta saya tidur dan memasang pose orang lahiran. Saya disuruh ambil nafas terus disuruh ngeden. Benar-benar pertempuran antara hidup dan mati….. Air ketuban saya pecah dan menyembur dengan derasnya. Hampir satu jam saya seperti itu tapi ni bocah tak juga mau keluar. Mana air ketuban udah habis dan warnanya keruh lagi. Kontan saja salah satu suster langsung menghubungi dokter obgyn. Waduuuhh…..!!!! ada apa ini..???

Tak lama setelah itu, saya kembali kontraksi. Kali ini si bayi udah diujung tanduk. Tanpa komentar si suster mengambil gunting dan “Krreeessss…..” apa’an tuh yang digunting…??? “ Tenang aja mbak, saya Cuma sedikit membuat ‘jalan’ kok” kata suster. Jalan apa..??? jalan tol..???? Meskipun demikian ini anak ga mau keluar-keluar juga. Langsung saja ke plan berikut. Perut saya didorong dari bagian atas ke bawah, dan tepat tanggal 18 November 2011 jam 6 pagi……….oek…oek…oek…..!!! si kecil telah hadir ke dunia ini. Dengan berat 3.20 kg. “anaknya cantik mbak, lengkap” . Plong rasanya…….Alhamdulillah yach…….*pasang bulu mata anti badai katrina*

Eitttt…..!!!, perjuangan saya belum berakhir sampai disitu. Masih ada yang harus “DIPERBAIKI” apa tuuuuhhhh…????
‘Jalan darurat’ yang dibuat tadi harus dijahit obras( soalnya ngguntingnya kelebaran bo’ :-p ). Haaahhhh….!!!!!. Dengan santainya si suster menjahit ’jalan saya’ tanpa ada bius. Bayangin tuh gimana rasanya….??? Setelah cekat-cekit dan dibersihkan, masih dalam keadaan mekangkang, dokter obgyn datang dan berkata “Bagaimana bu, udah sehat…??? Selamat ya…” Dalam hati saya bilang “Eh, kemana aja lo waktu saya sekarat???? hari gini baru datang, telat tauuuuuu…………….”.

Setelah semuanya bersih dan saya kembali cantik, suster mengantar saya ke kamar dengan kursi roda. Pelan-pelan saya bisikin si suster “Eh sus, waktu jahit menjahit tadi, suami saya masih dikasih jalan kan….???” Kontan si suster ngakak “Tenang saja mbak, masih kok, emang mau ngerasain yang seperti tadi….???”
“Enggak deh sus, tar lima tahun lagi he..he..he..” kataku sambil meringis kesakitan
Alhamdulillah…..kini saya menjadi seorang “Ibu”. Gelar yang hanya bisa diberikan oleh Tuhan.
Selama tiga hari saya dirawat di Rumah Sakit, akhirnya saya pulang. Dalam perjalanan pulang saya berdo’a kepada Allah SWT dan memeluk bayi mungil saya yang cantik. Semoga kamu menjadi anak yang sholekhah nak…… Ya Allah bimbing aku dalam menjaga amanhMu ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar